Manfaat dan Cara Mengurangi Konsumsi Garam

Namun, perlu diketahui bahwa mengonsumsi garam secara berlebihan ternyata dapat menyebabkan masalah kesehatan serius. Sehingga, ada baiknya jika konsumsi kedua bahan tersebut dikurangi atau tidak melebihi kebutuhan normal garam dan gula harian.

Manfaat Mengurangi Garam

Sementara itu, beberapa manfaat rsstrokebkt.com mengurangi konsumsi garam yang perlu dipahami adalah sebagai berikut:

1. Menurunkan Tekanan Darah

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah suatu kondisi yang bisa terjadi akibat tingginya asupan garam dalam tubuh. Mengurangi konsumsi garam dapat membantu menjaga tekanan darah tetap stabil. Pasalnya, diet rendah garam diketahui dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Karena sifat garam yang menarik air, maka konsumsi garam dapat memicu kelebihan atau penumpukan jumlah cairan ke dalam pembuluh darah.

2. Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Tidak hanya mengurangi asupan gula yang berdampak positif bagi jantung, namun mengurangi asupan garam ternyata juga bisa membantu mencegah kerusakan dan serangan jantung. Hal ini sebenarnya masih berkaitan dengan manfaat mengurangi garam untuk menurunkan tekanan darah. Apabila kadar kolesterol jahat dan tekanan darah dalam tubuh berkurang atau tetap berada dalam rentang normal, maka risiko kerusakan dan serangan jantung pun dapat dihindari.

3. Menurunkan Risiko Kanker

Bahaya konsumsi garam berlebih juga berkaitan erat dengan risiko kanker. Pasalnya, orang yang mengonsumsi garam 5 gram lebih banyak dari nilai asupan normal garam harian saja, dapat meningkatkan risiko kanker sebesar 12%.

Hal ini terjadi karena konsumsi garam berlebih bisa menyebabkan kerusakan pada lapisan mukosa perut, mendukung pertumbuhan bakteri H.pylori, dan memicu peradangan. Yang mana, beberapa kondisi tersebut merupakan faktor risiko dari kanker usus. Oleh karena itu, jika ingin mengurangi risiko kanker usus, maka batasi asupan garam atau lakukan diet rendah garam dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayuran.

4. Memelihara Tulang

Manfaat mengurangi konsumsi garam berikutnya adalah untuk memperkuat tulang. Pasalnya, garam mempunyai sifat ion yang dapat menarik kalsium keluar dari tulang. Sehingga, apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat menurunkan kadar kalsium dalam tulang. Jadi, dengan mengurangi konsumsi garam, kadar kalsium akan tetap terjaga dan terhindar dari risiko osteoporosis.

Cara Mengurangi Konsumsi Garam

Setelah mengetahui sejumlah manfaat mengurangi garam, kini saatnya memahami bagaimana tips mengurangi konsumsi garam secara sehat. Berikut di antaranya:

  • Lebih sering masak di rumah untuk memastikan takaran garam tidak melebihi kadar normal harian yang dibutuhkan.
  • Membawa bekal makanan dari rumah.
  • Memperbanyak asupan buah dan sayur yang mengandung gula alami sebagai alternatif makanan.
  • Mengurangi konsumsi makanan cepat saji.
  • Menaburkan garam ketika makanan sudah matang, sehingga sedikit garam saja sudah bisa membuat makanan terasa asin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *